Pesta Kesenian Bali-Balibintours

Pesta Kesenian Bali

Balibintours akan mengajak anda kesuatu tempat yang menjadi sebuah wadah berkumpulnya suatu seni budaya bernilai tinggi di Bali dan juga akan memberikan informasi mengenai PKB…, PKB adalah Singkatan dari Pesta Kesenian Bali. Pesta kesenian Bali tersebut merupakan agenda tetap yang akan selalu diselenggarakan setiap setahun sekali oleh Pemerintah Provensi Bali yang tujuannya adalah untuk memperkenalkan adat istiadat dan seni budaya dari masing-masing daerah kabupaten dipulau Dewata Bali dan juga untuk melestarikan,mengembangkan kesenian diprovensi Bali tentunya agar tidak bisa punah oleh efek perkembangan zaman globalisasi modern 
saat ini. PKB juga mengemban misi untuk menampilkan kesenian seperti Tari,drama dan hasil kerajinan tangan dari masing-masing seniman di Kabupaten yang ada di Bali, bahkan dari pulau lain pun yang ada di Negara Republik Indonesia dan Negara-negara tetangga kita juga bisa ikut berpatisipasi memeriahkan Pesta Kesenian Bali tersebut, Disamping itu juga misi yang sangat terpenting dari Pesta kesenian Bali ini adalah dengan memperkenalkan nilai seni budaya dari masing-masing daerah yang tujuannya untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan di negara republik Indonesia tercinta ini ,bahkan akan memper erat tali persaudaraan dengan negara-negara tetangga disekitar indonesia.

“Pesta Kesenian Bali diselenggarakan sebagai upaya penciptaan hak karya cipta seni terbaik masyarakat Bali-Indonesia-Dunia. dengan semangat dan kerja keras dari masing-masing seniman sehingga diakui keunikkan dan keindahannya baik itu seni tari,seni rupa,maupun seni kerajinan tangan yang dikagumi & menjadi icon seni dari masing-masing kabupaten mereka”.

 “AWAL SEJARAH  PENYELENGGARAAN PESTA KESENIAN BALI”

Pemerintah Provinsi Bali pada tahun 1979, pada orde pemerintahan Almarhum Ida Bagus Mantra sebagai penggagas dan pencetus suatu wadah pesta kesenian rakyat, yang dikenal dengan ” Pesta Kesenian Bali ” (PKB) yang pertama kalinya di gelar.  Yang pada umumnya untuk  Menampung hasil karya cipta kesenian ,hasil kerajinan tangan, seni hasil inovasi, atraksi kesenian seperti gamelan dan tari serta apresiasi seni dan budaya masyarakat di Bali pada umumnya.

Diselenggarakannya Pesta Kesenian Bali adalah dengan se-izin PERDA Provinsi Bali Nomor 07 Tahun 1986 tentang Pesta Kesenian Bali. Pesta Kesenian Bali yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 1979,  dari tanggal 20 Juni 1979 sampai 23 Agustus 1979,tapi sekarang cuma diadakan selama 1 bulan saja dan setiap tahun telah memberikan kesempatan kepada seniman-seniman muda  dan dicintai oleh kita ,juga sebagai tempat pembinaan, pengembangan seni budaya masyarakat khususnya di Bali. Pelestarian seni budaya tari dengan menampilkan kesenian klasik yang sudah hampir punah dan terpendam di masyarakat yang di munculkan kembali agar tidak punah ,Melalui Pesta Kesenian Bali,, para seniman akan menemukan seni budaya lain dan menampilkan nya supaya layak diterima oleh masyarakat.

Pesta Kesenian Bali ini biasanya dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia yang bertugas pada saat itu. Pelepasan Pawai Pesta Kesenian Bali  XXXVIII Tahun 2016 itu didepan panggung kehormatan presiden dan para tamu undangan didepan Museum Bajra Sandhi Monument diiringi dengan Berbagai pertunjukkan seni yang dipentaskan seperti Gamelan,drama Gong,Sendratari, Bondres dan masih banyak pertunjukkan yang akan membuat anda terkesan. Pementasan ini merupakan penggalian seni pada khususnya. Pusat kesenian Bali tersebut dilokasikan disebuah tempat yang bernama ART CENTER BALI. Panggung pertunjukkan/pementasannya bernama “Ardha Candra” dikota Denpasar, untuk memasuki obyek pementasan Ardha Candra tersebut kita akan dikenakan biaya karcis masuk kurang lebih Rp.5000, di tempat ini pula banyak stand-stan yang menjual kerajinan seni sebagai koleksi anda yang bisa anda beli seperti kain songket khas bali,pengrajin emas,perak,perunggu,uang kepeng,alat musik tradisional bali,sandal, pernak-pernik kecil seperti cincin,liontin,kalung ,batu permata,dan ada juga yang terbuat dari bahan kayu seperti patung barong, patung garuda,topeng dll, dll,dengan harga yang tentunya terjangkau murah. dan juga kita bisa menemukan berbagai jenis makanan tradisional khas Bali maupun daerah luar Bali. Untuk mencapai ART CENTER BALI – Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari bandara internasional Ngurah Rai dengan sewa mobil murah seperti RENTAL MOBIL MURAH BALIbintours

Selamat Berlibur.

PETA LOKASI ART CENTER BALI

 

 

Comments

comments