Pantai Kedonganan Jimbaran Bali

Pantai Kedonganan Jimbaran

Pantai Jimbaran begitu tenar. Pantai yang berada di Pulau Bali ini mampu memesona wisatawan domestik hingga mancanegara. Di pantai ini berjejer kafe-kafe seafood. Sajian makanan laut, paduan lampu-lampu lilin menjadi tawaran yang menggiurkan bagi para wisatawan.
Namun, jika ingin mencari suasana serupa dengan pemandangan kehidupan para nelayan, cobalah untuk ke Pantai Kedonganan yang terletak tak jauh dari Pantai Jimbaran. Suasanannya relatif lebih sepi dengan harga-harga lebih murah. Pantai Kedonganan terletak sekitar satu kilometer ke arah barat dari Jalan Raya Uluwatu. Belokan kemudi Anda melewati Jalan Pemelisan Agung dan susuri jalan yang mulus hingga terdengar suara ombak yang berdebur. Jika telah melihat jajaran kapal-kapal nelayan, maka itulah Pantai Kedonganan, sebelum memasuki pantai anda di kenakan iyuran tiket masuk kawasan wisata pantai kedonanan sebesar Rp.5000.

Pantai Kedongan secara geografis termasuk ke dalam wilayah Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sana, Anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang bersandar di pantai, seperti merajut jala, menimbang hasil tangkapan ikan, nelayan datang dan pergi ke laut, atau hanya sekedar duduk di tepi pantai sambil menyaksikan matahari terbenam di kala sore hari. Pantai kedonganan berjarak tidak terlalu jauh dari kawasan Nusa dua, dimana kawasan Nusa dua terkenal sebagai kawasan elit atau kawasan hotel bintang lima. Disamping itu Nusa dua juga terkenal dengan obyek wisata pantai Tanjung Benoa, yaitu merupakan obyek wisata water sport yang begitu terkenal.

Menu Ikan Bakar Di Pantai Kedonganan

Ikan bakar adalah menu favorit setiap pengunjung yang datang. Jenisnya bermacam-macam seperti kakap, baronang. Selain itu ada cumi-cumi, kepiting, kerang, udang dan lobster. Wisatawan dapat bebas memilih ukuran atau berat bahan dasar yang diinginkan. Tentunya harganya akan mengikuti dengan jumlah pesanan dan berat dari ikan. Ikan bakar bumbu merah atau bumbu kecap akan disajikan dengan sepiring nasi putih, plecing kangkung, kacang tanah goreng, sambal merah dan sambal mentah.

Tidak hanya pengunjung café yang meramaikan suasana pantai, wisatawan yang hanya sekedar berjalan-jalan, berjemur, maupun berenang memecah kesunyian suasana pantai yang tenang. Pasir putih bersih, ombak yang tidak begitu keras, memberikan kenyamanan dan suasana alam bagi setiap wisatawan yang datang. Saat wisatawan berjemur mereka tidak akan diganggu oleh pedagang keliling seperti halnya di pantai Kuta.

Pasar Ikan Di Pantai Kedonganan

Ingin membeli ikan-ikan segar di Bali? Disinilah tempatnya. Pasar ikan tradisional lokasinya di sebelah utara pantai Kedonganan. Ikan yang dijual adalah hasil tangkapan penduduk setempat yang sebagian besar mata percahariannya sebagai nelayan. Jika anda berniat membeli ikan, sebaiknya membeli ikan sebelum jam 11 siang. Saat itu ikan masih segar dan anda bebas memilih hasil tangkapan yang kualitasnya lebih bagus. Jika datang terlalu siang, yang sisa hanya ikan-ikan yang tidak segar dan sisa pilihan. Tahukah anda, semua ikan yang dihidangkan di cafe-cafe ikan di pantai Jimbaran di dapatkan dari pasar ikan Kedongan.

Perahu–perahu nelayan nampak berjejer di tepi pantai. Sekitar jam 4 sore wisatawan mulai berdatangan. Pelayan restoran seafood mulai menata meja dan kursi di tepi pantai. Itu tandanya restoran mereka segera dibuka. Menjelang malam lampu lilin dinyalakan. Dari kejauhan anda akan melihat matahari mulai turun dan warna kemerahan muncul.

Saat inilah anda harus memulai menyantap hidangan yang telah anda pesan sebelumnya. Menikmati hidangan laut yang di bakar sambil menikmati suasana dan pemandangan matahari terbenam, hal inilah yang menjadi primadona dan salah satu tujuan wisatawan datang ke Bali. Ikan bakar di Pantai Kedonganan saat ini telah menjadi salah satu tempat makan favorit di Bali.

Akses menuju pantai kedonganan akan manjadi lebih mudah apabila anda menggunakan jasa sewa mobil bali, dan anda juga dapat mengunjungi obyek wisata menarik lainya di daerah jimbaran dan sekitarnya.

Comments

comments