Oleh-Oleh Kain Songket Sidemen

 

Terlebih dahulu kita harus ke karangasem desa cepik sidemen.

Image result for view sidemenImage result for view sidemen

Cepik berada di Banjar Tabola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali. Cepik hanya berjarak 14 km ke utara dari Kota Semarapura, berjarak 17 km dari objek wisata Besakih, dan berjarak 43 km dari kota Denpasar. Jika Anda datang dari bandara Ngurah Rai hanya berjarak 58 km atau dengan waktu tempuh 95 menit perjalanan dengan kendaraan, adapun  rute perjalanan dan objek wisata yang bisa dikunjungi sebelum mencapai cepik sebagai berikut. Begitu Anda keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda ke jalan Tol Bali Mandara hingga ke By Pass Ngurah Rai Ke timur sampai ketemu Patung Titi Banda (patung Sri Rama). Dari Patung Titi Banda arahkan kendaraan Anda ke timur ke jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan pantai Klotok belok ke kiri menuju jalan Raya Tojan hingga ke jalan Puputan. Ujung jalan Puptuan akan ketemu sebuah patung kanda Pat Sari (di samping objek wisata kertha gosa). Di patung tersebut belok ke kanan hingga menemukan sebuah jembatan yang terdapat air terjunnya yang biasa disebut tirai air bali. Dengan melewati jembatan itu maka anda akan menemukan sebuah perempatan. Di perempatan tersebut belok ke kiri kira-kira lagi 10 km ke utara akan menemukan sebuah pertigaan (sebelum pasar Sidemen) lalu belok ke kiri dan akan menemukan sebuah pertigaan belok ke kiri. Ikuti jalan tersebut maka Anda melihat banyak villa dan restoran berdiri di samping jalan maka Anda sudah sampai di tempat wisata Cepik.

         Kain Tenun Songket Bali adalah salah satu jenis kerajinan bali  yang sudah go international, Dengan kain tradisonal Songket ini,Desa Sidemen, karang asem menjadi titik nadi kerajinan tenun klasik dan modern dengan hasil karya yang menakjubkan,tetapi setiap daerah juga memiliki corak dan ragam budaya tersendiri. Kerajinan kain songket Sidemen Bali mempunyai ciri khas yang unik terutama tampilan motif dan warnanya yang begitu khas dan indah dipandang mata dan harganya juga tidak terlalu mahal.

 

Kain Songket Sidemen Bali dapat dikatakan sebagai kain mewah yang memiliki motif  bervariasi dalam bentuk anyaman, menggunakan benang katun warna-warni atau benang dari emas dan benang perak di atur sedemikian rupa, sehingga berbentuk motif yang diinginkan dan mut si pembuatnya. Kain songket Sidemen Bali ini biasa digunakan untuk upacara-upacara sakral tertentu di Bali. Seiring dengan perkembangan zaman maka kain songket Sidemen sekarang sudah digunakan untuk acara-acara kebesaran seperti wisuda, pernikahan, potong gigi bahkan upacara-upacara kecil lainnya. Selain itu, untuk menambah nilai jual dari kain songket tersebut maka masyarakat setempat mencoba membuat kerajinan dompet dan tas dari kain songket Sidemen sebagai oleh-oleh khas bali.

Disini saya akan terangkan semua tentang kain songket sidemen Bali dan juga pembuatannya.
Proses pembuatan sehelai kain songket sidemen akan dimulai dengan memintal benang terlebih dahulu, kemudian benang dibentangkan di alat perentang, dan helaiannya diikat dengan tali rafia sesuai pola ragam hias dan warna yang diinginkan. Setelah pengikatan berpola tersebut, benang dicelup atau diwarnai. Benang yang sudah diwarnai kemudian dipilah, lalu baru ditenun menjadi kain.Sidemen merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Karangasem Bali. Di Sidemen merupakan salah satu industri kerajinan kain tradisional songket di Bali. Di luar  tradisi masyarakat daerah tujuan wisata, kain songket Sidemen pun tidak sebatas cendera mata atau sekedar oleh-oleh khas Bali semata, dan akan  terus berkembang sebagai komoditas mode lokal dan internasional.

Proses Pembuatan Kain Songket Sidemen

Image result for gambar pembuatan kain songket sidemenImage result for gambar pembuatan kain songket sidemen

Secara umum, kain Songket Sidemen bisa dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan jenis benang penyusun motifnya, yakni kain songket benang emas, kain songket benang perak, kain songket senang katun, dan kain songket benang kombinasi . Nilai harga jual kain songket Sidemen tergantung dengan benang yang digunakan dan tentunya banyak sedikitnya motif yang terdapat pada kain songket juga menentukan nilai jual kain songket itu sendiri. Misalnya kain songket benang emas akan lebih mahal daripada kain songket dari benang perak ataupun dari benang katun. Jika kain songket itu memiliki motif yang sangat rapat dan padat maka memerlukan banyak benang dan proses pembuatannya pun semakin rumit, sehingga harga songket itu akan semakin lebih mahal.banyak peminat dari kalangan muda mengoleksi Kain songket ini.  yang paling banyak disukai biasanya kain songket yang terbuat dari kombinasi benang campuran, misalnya benang katun – emas, atau benang katun- perak, atau benang emas- perak, karena harga nya cukup bisa dijangkau.

Image result for gambar pembuatan kain songket sidemen
Untuk Anda yang sedang berlibur ke Bali dan ingin melihat secara langsung pembuatan songket Sidemen, bisa langsung berkunjung ke Kecamatan Sidemen tepatnya di daerah Cepik. Cepik merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kecamatan Sidemen yang menyajikan keindahan alam pegunungan dan persawahan yang berterasering. Selain bisa menikmati keindahan alam Anda juga bisa membeli kain songket Sidemen secara langsung dari para pengerajin tersebut. 

Comments

comments

This Post Has 3 Comments

  1. corburt erilio

    It’s in reality a nice and useful piece of info. I am satisfied that you simply shared this useful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.

  2. Rebecca

    I was just looking at your Oleh-Oleh Kain Songket Sidemen Bali | Bali Bintours website and see that your site has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you don’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and the majority of the users are interested in topics like yours. By getting your website on this network you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can read more about it here: http://cwby.us/9c – Now, let me ask you… Do you need your site to be successful to maintain your business? Do you need targeted visitors who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your website? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your site on the network I am describing. This traffic network advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything at all. All the popular sites are using this service to boost their readership and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful website works… Here’s to your success! Read more here: http://trck.be/1SA

  3. bali bintours

    Good evening…
    , its my pleasure ,
    Thankyou
    Balibintours

Comments are closed.