10 jenis Tari Bali Yang Terkenal

Hasil gambar untuk foto tari Gambuh

Bali Terkenal dengan pulau seribu pura, dan menyimpan banyak rahasia tentang mitos mitos yang sampai sekarang masih di percayai oleh masyarakat Bali, bali juga memiliki banyak pilosofi tentang budaya, seni, adat dan tradisi.

Berbicara mengenai seni, Bali nemiliki banyak jenis seni, salah satunya seni tari, seni tari bali sudah terkenal di seluruh dunia, dan bahkan di pelajari oleh warga negara asing di negara setempat, dan banyak pula orang bali maupun luar bali yang bisa dengan fasih menarikan salah satu tarian Bali membuka sanggar tari di luar negri.

Adapun 10 jenis tarian Bali yang terkenal yaitu :

1. Tari Legong

Hasil gambar untuk foto tari legong bali

Tari yang juga sangat tua usianya dan membutuhkan kelenturan badan untuk menguasainya.
Tari Legong merupakan tari Bali dengan gerak tari yang terikat oleh gamelan yang mengiringinya yakni Gamelan Semar Pagulingan namanya. Tarian yang selalu dilengkapi dengan kipas Prade sebagai alat bantu pada tarian ini. pada awalnya tarian ini dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua dan masih berkembang dan akan selalu dikembangkan agar budaya seni tari tetap bisa dipertahankan sebagai budaya Indonesia.

—————————————————————————————————————————————–

2. Tari Pendet

Hasil gambar untuk foto tari pendet bali

Tari Pendet merupakan tari sakral diBali yang pada awalnya merupakan tari pemujaan atau bisa dibilang disetiap event agama tarian ini wajib untuk dipentaskan. Tarian yang diciptakan oleh I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada tahun 1950 ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata-dewati ke alam dunia. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, pencipta tari tersebut mengubahnya menjadi tarian ucapan selamat datang pada tahun . 

—————————————————————————————————————————————–

3. Tari Kecak

Hasil gambar untuk foto tari kecak Hasil gambar untuk foto tari kecak

Tari Kecak , Tari yang diciptakan pada tahun 1930-an dan merupakan tarian yang kebanyakan dimainkan oleh laki-laki. Tari ini mencirikan ke kompak kan penarinya,,karena pada intinya tari ini adalah tari yang sedikit sulit dipelajari,latihan setiap hari dan penyatuan irama suara dari sang penabuh. Tari Bali Kecak ini menggambarkan suatu cerita tentang barisan kera yang membantu Dewa Rama dalam melawan Raksasa Rahwana. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang tanpa memakai baju, mereka berperan sebagai pasukan kera. Karena kisahnya diambil dari cerita Ramayana maka ada penari lain yang memerankan Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa. Cerita dari pergelaran ini biasanya dipentaskan di Desa uluwatu atau desa batubulan gianyar,tari kecak ini mempunyai adegan yang menegangkan seperti permainan api yang spektakuler .

—————————————————————————————————————————————–

4. Tari Baris

Hasil gambar untuk foto tari baris

Tari yang diperankan oleh lelaki yang memakai busana lengkap seperti prajurit. Tari Baris ini merupakan tarian sakral ini selalu dipentaskan sebagai pelengkap di suatu upacara keagamaan. Tari Baris merupakan tarian kepahlawanan untuk membela kebenaran dan keadilan dan juga  untuk membuktikan kedewasaan seseorang. Kedewasaan seseorang pria dibuktikan dengan mempertunjukkan kemahiran dalam olah keprajuritan dalam memakai senjata Tombak, yang biasanya juga disertai dengan kemahiran dalam memainkan senjata perang.  Ada dua jensi tari Baris yakni Baris Tunggal dan Baris Tombak,tari ini sudah smakin dikembangkan agar tidak punah di kemudian hari. 

—————————————————————————————————————————————–

5. Tari Rejang

Hasil gambar untuk foto tari rejang

Tari Rejang merupakan Tari Bali yang ditarikan secara masal dan sakral sehingga ditarikan oleh gadis-gadis muda dan yang masih suci, bahkan tarian Rejang ini sangatlah  sering dilakukan oleh gadis kecil yang berumur enam tahunan . Penari-penari tersebut dipimpin oleh seorang pemangku yang menari paling depan. Di belakang pemangku para penari Rejang berderet-deret menari sambil memegang seutas benang yang dibawa oleh pemangku. Iringan gamelannya menggunakan gamelan Semar Pagulingan. Tarian ini juga wajib di pentaskan di Pura untuk menjamu para dewa yang turun ke bumi. dan terkadang si penari tidak sadarkan diri dengan tubuh dan jiwa mereka yang telah dimasuki para roh bidadari yang khusus nya  suka menari dialam dewa. 

—————————————————————————————————————————————–

6. Tari Barong

Hasil gambar untuk foto tari barong

Tari Barong merupakan tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebenaran dan kebatilan. Wujud kebenaran yang selalu diperankan oleh Barong , sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda (sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya). Ada beberapa jenis Tari Barong yakni Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Tari Barong memiliki keistimewaan yang terletak pada unsur-unsur komedi dan unsur-unsur mitologis yang membentuk seni pertunjukan. disetiap piodalan dipura dalem tarian ini sangat lah sering di mainkan ,,karena wujud barang dan calonarang selalu di kemukakan disini , petunjukkan calonarang namanya.

—————————————————————————————————————————————–

6. Tari Gambuh

Hasil gambar untuk foto tari Gambuh Gambar terkait

Tari Gambuh merupakan tarian dramatari Bali yang dianggap paling tinggi mutunya dan juga merupakan dramatari klasik Bali yang paling kaya akan gerak-gerak tari, sehingga dianggap sebagai sumber segala jenis tari klasik Bali, Diperkirakan Gambuh muncul sekitar abad ke-15 dengan lakon bersumber pada cerita Panji.

Gambuh berbentuk teater total karena di dalamnya terdapat jalinan unsur seni suara, seni drama dan tari, seni rupa, seni sastra, dan lainnya.

Gambuh dipentaskan dalam upacara-upacara Dewa Yadnya seperti odalan, upacara Manusa Yadnya seperti perkawinan keluarga bangsawan, upacara Pitra Yadnya (ngaben) dan lain sebagainya.

 

—————————————————————————————————————————————–

7. Tari Sanghyang

Gambar terkait Hasil gambar untuk foto tari sanghyang

Tarian yang juga dipentaskan oleh gadis yang masih suci yang umurnya kuang lebih 6 tahunan. Tarian  ini mainkan oleh gadis yang roh nya masih suci dan akan dirasuki oleh roh para dewa. Gadis-gadis ini tidak akan sadarkan diri,mereka dengan tidak sadar akan menginjak-injak api. Tari sanghyang merupakan tarian sakral yang berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk mengusir wabah penyakit  atau ilmu hitam yang sedang melanda di suatu desa atau daerah.  satu hal yang sangat menarik dalam kesenian ini, yaitu pemainnya akan mengalami trance pada saat pementasan. Dalam keadaan seperti inilah mereka menari-nari, kadang-kadang di atas bara api dan selanjutnya berkeliling desa untuk mengusir wabah penyakit. Biasanya pertunjukan ini dilakukan pada malam hari sampai tengah malam. Ada beberapa macam Tari Sanghyang yakni Sanghyang Dedari, Sanghyang Dewa, Sanghyang Deling, Sanghyang Dangkluk, Sanghyang Penyalin, Sanghyang Cleng (babi hutan), Sanghyang Memedi, Sanghyang Bungbung, Sanghyang Kidang, Sanghyang Janger, Sanghyang Sengkrong, dan Sanghyang Jaran.

—————————————————————————————————————————————–

8. Tari Janger

Hasil gambar untuk foto tari janger Gambar terkait

Tari yang cukup unik dan juga sangat diminati oleh penerus kita generasi muda di Bali khususnya .Tari Janger merupakan tari pergaulan pemuda- pemudi Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an. Tarian dengan gerakan yang sederhana namun ceria dan bersemangat ini dibawakan oleh 10 penari yang berpasangan, yaitu kelompok putri (janger) dan putra (kecak). Mereka menari sambil menyanyikan Lagu Janger secara bersahut-sahutan. Tarian ini mengisahkan juga keselarasan dan kesetiaan seorang kaum hawa kepada pasangannya dan begitu sebaliknya. lagu jangi janger yang diiringi lagu dan tarian kecak memberikan kita pesan keharmonisan didalam hidup berumah tangga.

—————————————————————————————————————————————–

9. Tari topeng

Gambar terkait

Tarian yang  pementasannya penuh adegan pesan  moral akan kebenaran.Tari Topeng merupakan tarian yang dimainkan oleh penari dengan mengenakan topeng. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari tunggal atau sekelompok penari laki-laki dalam upacara besar. Tari topeng ada dua jenis yakni Tari Topeng Pajegan dan tari Topeng Wali. Tari topeng pajegan merupakan tarian suci yang ditarikan saat ada upacara tertentu. Sedangkan, tari topeng wali merupakan tarian untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama di  kerajaan Bali tari Topeng tradisional merupakan tarian yang sulit dipeerankan juga karena menggunakan skill berakting dan gerak badan untuk menggambarkan atau menyampaikan sesuatu yang memberikan pesan moral kepada penontonnya.

—————————————————————————————————————————————–

10. Tari Panyembrama

Hasil gambar untuk foto tari panyembrama Gambar terkait

Tari an yang unik dan cukup bisa  dikuasai yang diciptakan oleh seniman I Nyoman Kaler merupakan tarian penyambutan tamu, yang biasanya tamu istimewa seperti raja-raja jaman dulu. Tarian ini dipentaskan oleh penari wanita secara berkelompok. Gerakannya  melukiskan keramahan ,penghormatan tamu. Tarian Ini dilukiskan pada saat bunga-bunga yang ditaburkan penari kepada tamu yang melambangkan ungkapan selamat datang kepada para tamu dan cinta damai dengan gerakan yang penuh kehangatan, kegembiraan, dan penghormatan.tarian ini tidak begitu sulit dikuasai. disetiap objek wisata ataupun hotel-hotel tarian ini selalu dipakai untuk penyambutan tamu lokal dan mancanegara.

http://www.balibintours.com   Sewa mobil & paket tour murah di Bali

Comments

comments

This Post Has 10 Comments

  1. Jalene

    I feel so much happier now I unretsdand all this. Thanks!

  2. Janessa

    I was just looking at your 10 Jenis Tari Bali Yang Terkenal – Bali Bintours website and see that your website has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you didn’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and most of the users are looking for websites like yours. By getting your website on this service you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can find out more about it here: http://outin.space/1zyat – Now, let me ask you… Do you need your site to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your website? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your site on the service I am talking about. This traffic service advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything. All the popular sites are using this service to boost their traffic and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful site works… Here’s to your success! Find out more here: http://outin.space/1zyat

  3. clash royale hack android

    You have an excellent site here! would you like to make some invite
    posts on my blog?

  4. amazon gift card generator

    This web site is really a walkthrough for all of the info
    you wanted about this and did’t know who to ask. Glimpse here, and you’ll undoubtedly discover it.

  5. Marvel Contest Of Champions Hack Download

    I’d need to check with you here. Which isn’t something I generally do!
    I appreciate reading a post which will get folks think.
    Additionally, thanks for enabling me to comment!

  6. clash royale hack tool

    Way trendy, some valid points! I appreciate you
    making this post available, the remainder of the site is also
    high quality. Have a enjoyable.

  7. corburt erilio

    Wonderful site. Plenty of useful info here. I¦m sending it to several buddies ans also sharing in delicious. And certainly, thank you in your sweat!

  8. Alisa

    Hello my name is Alisa and I just wanted to drop you a quick message here instead of calling you. I discovered your 10 Jenis Tari Bali Yang Terkenal – Bali Bintours page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a popular website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. There is a company that you can get keyword targeted traffic from and they let you try the service for free for 7 days. I managed to get over 300 targeted visitors to day to my site. http://osws.uk/28m3a – Unsubscribe here: http://gd.is/y/eyzsv

  9. KimORussum

    Terrific work! That is certainly the sort of information that
    ought to be shared around the net. Shame on the search engines for not
    positioning this submit higher! Come on over and visit my site .
    Thanks =)

  10. bali bintours

    thankyou,, i will do it

Comments are closed.